Article Details
Setahun RVM Lawson Indonesia: Ratusan Warga Tukar 41 Ribu Botol Plastik & Kurangi 4 Juta Gram Jejak Karbon
Caption: Reverse Vending Machine (RVM) Lawson berhasil mengajak ratusan warga ikut dalam gerakan pengurangan sampah plastik.
28-Sep-2024
Setahun RVM Lawson Indonesia: Ratusan Warga Tukar 41 Ribu Botol Plastik & Kurangi 4 Juta Gram Jejak Karbon

Jakarta, 27 September 2023 – Lawson Indonesia telah genap setahun mengoperasikan Reverse Vending Machine (RVM) yang berada di toko Lawson Cipete, Jakarta Selatan. Selama setahun beroperasi sejak September 2023, RVM berhasil melibatkan 676 warga dalam upaya mengurangi sampah botol plastik. Hasilnya, lebih dari 41 ribu botol plastik berhasil dikumpulkan, dengan total berat mencapai 773 kilogram.

Corporate Communication Manager Lawson Indonesia, Firly Firlandi, menyampaikan, dengan mendaur ulang 41 ribu botol plastik, Lawson bersama pelanggan telah berhasil mengurangi jejak karbon sebanyak 4 juta gram.

“Ini adalah langkah nyata Lawson dalam mendukung lingkungan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga bumi,” katanya.

Lawson Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong lebih banyak pelanggan untuk menggunakan RVM dan terlibat dalam aksi pengurangan sampah plastik. Selain mengurangi jejak karbon, keberadaan RVM juga berfungsi sebagai kampanye untuk memanfaatkan sampah dan melibatkan masyarakat secara langsung dalam upaya menjaga lingkungan.

Lawson Indonesia sejak lama berkomitmen untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai, dan hingga kini tercatat hanya menggunakan kantong plastik di bawah 1 persen dari total penggunaan sehari-hari. Karena itu, Lawson secara aktif mendorong pelanggan untuk beralih ke tas belanja yang dapat digunakan berulang kali, sebagai bagian dari strategi berkelanjutan dalam pengurangan sampah plastik.

“Setiap kontribusi kecil dari setiap individu sangat berarti. Lawson mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan perubahan positif bagi lingkungan melalui kebiasaan yang lebih ramah lingkungan,” tambah Firly.

Dengan langkah-langkah ini, Lawson Indonesia berharap dapat menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi masalah sampah plastik dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang. (*)

Reverse Vending Machine
Lawson Indonesia
RVM